Selasa, 08 Juni 2010

Berapakah Harga Sebenarnya dari Komputer (Gadget) yang Anda Miliki?

Speak Out - For Mind and Soul

Saya bukanlah seorang yang "pandai" tentang komputer...
Namun beberapa teman sering bertanya kepada saya tentang komputer yang cocok untuk mereka...

Bingung juga yah...
Saya bukan pemilik toko komputer...
Saya juga tidak punya latar belakang pendidikan khusus komputer... dsb...

Tapi saya berusaha membantu pertanyaan mereka semampu saya...

Biasanya yang paling pertama saya tanyakan kepada mereka adalah:
- Berapa anggaran yang mereka siapkan untuk membeli komputer yang mereka butuhkan...
- Mau dipakai untuk apa komputer tersebut...

Mungkin pertanyaan-pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang sudah sangat umum kita dengar ketika kita hendak membeli komputer...

Namun bagi saya, pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat menentukan berapa harga sebenarnya dari komputer yang akan (telah) kita beli...

Mungkin kita sering melihat harga sebuah komputer dengan spesifikasi tertentu di iklan di koran / brosur...

Misalnya:
Komputer dengan Processor Intel Atom, Memory 1 GB, HDD 180 GB, Monitor 16 inch LCD, dll, dengan kisaran harga Rp.2.500.000,- s/d Rp.2.750.000,-

atau

Komputer dengan Processor Intel Core Duo, Memory 2 GB DDR3, HDD 250 GB, VGA ATI RADEON 1 GB DDR3, Monitor 18,5 inch LCD, dll, dengan kisaran harga Rp.4.000.000,- s/d Rp.4.500.000,-


(*spesifikasi di atas hanyalah contoh, harga di toko bisa berbeda-beda)




Tapi tahukah Anda kalau harga komputer-komputer tersebut sebenarnya bisa jauh lebih murah, bahkan bisa jauh lebih mahal dari harga pada saat kita beli.


Lah kan harganya emang sudah segitu...??? itu pun sudah ditawar loh...???
Masa' sih harganya bisa menjadi jauh lebih mahal lagi dari harga saat kita membelinya di toko???


Ya...!

Karena bagi saya, harga sebenarnya dari sebuah komputer yang kita beli ditentukan bukan dari spesifikasi yang dimiliki oleh komputer tersebut...

Tapi ditentukan oleh kita pada saat menggunakannya...


Sebuah komputer yang berharga SEPULUH JUTA RUPIAH mungkin hanya akan berharga 10% s/d 20% dari harga saat kita membelinya, jika kita hanya menggunakannya untuk mengetik tugas, browsing internet, mendengarkan lagu, menonton video, atau chatting saja...

Dan komputer yang harganya sekitar TIGA JUTA RUPIAH, mungkin akan menjadi DUA PULUH JUTA RUPIAH jika kita mampu menggunakannya dengan optimal, misalnya untuk sound editing (bikin musik), video editing, photo editing... bahkan akan menjadi sangat mahal jika penggunaan komputer tersebut bisa menghasilkan uang yang nilainya jauh lebih besar dari harga komputer tersebut...

Intinya adalah jangan sampai kita salah memilih... jangan sampai kita mengeluarkan uang yang banyak untuk "sesuatu" yang kita tidak bisa manfaatkan/gunakan dengan optimal.


BERBAHAGIALAH ANDA YANG MEMILIKI KOMPUTER (atau GADGET lainnya) DAN MAMPU MENGGUNAKANNYA SECARA OPTIMAL BAHKAN HINGGA MENDATANGKAN KEUNTUNGAN EKONOMI DARINYA...



-= Luther =-



Catatan ini saya bikin karena terinspirasi dari
para Photographer, PhotoEditor, VideoEditor (dan yg lainnya) yang bisa menunjukkan pada kita (khususnya pada saya) cara bagaimana menggunakan GADGET yang kita miliki dengan optimal...

Saya KAGUM dengan HASIL KARYA Anda...



SALUT...


Speak Out - For Mind and Soul

0 comments:

Posting Komentar

Blog Archive



SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Google Friend Connect

Diberdayakan oleh Blogger.

Site Info

Ping your blog, website, or RSS feed for FreeActing & Actor Blogs - Blog Catalog Blog DirectoryPlanetBlog - Komunitas Blog IndonesiaActing & Actor Blogs - Blog Catalog Blog Directory